Saat blok mesin kita ” ceket / ngejim / macet ”  dipastikan ada goresan / tanda / baret pada area blok & piston, 
jika uang anda cukup biasanya langsung ganti piston  dan diover size, tapi bagaimana jika dana yang kita miliki pas-pas  an?
maka untuk kondisi tertentu bisa diakali.
 
Lalu kondisi seperti apa yang bisa diakali agar  budget perbaikan tidak terlalu besar?
1 Jika baret pada blok / piston tidak sampai  terggores terlalu dalam -+ max 0.5 mm untuk piston berdiameter min  50mm
2 Jika piston / blok tidak rusak karena  knocking
3 Jika ring piston tidak sampai mengunci di alur /  got ring piston
 
Bagaimana mengakalinya?
1 lakukan pengampelasan pada area baret blok dan  piston
2 arah pengampelasan sebaiknya melintang dari arah  gerak piston
3 lakukan finishing dengan ampelas  1000
 
Dengan cara ini mesin anda kembali aman untuk  putaran tinggi namun efek yang ditimbulkan adalah suara akan bertambah  kasar.
 
lalu bagaimana menghindari ngejim yang  parah?
 
1 saat motor melaju dengan putaran mesin yang tinggi jika ada gejala2 ngelitik, atau tiba2 mesin melemah tidak bertenaga segeralah tarik kopling anda agar putaran langsung turun, jika saat itu dibarengi dengan matinya mesin padahal jika kita bawa pada kondisi pelan dia tidak mati bisa dipastikan saat itu terjadi baret karena piston & blok yang memuai.
 
2 segera menepi, lalu masukkan gigi perseneling ke posisi 2 / 3 lalu mundurkan perlahan motor anda agar piston & blok tidak saling mengunci.
 
3 teteskan oli samping pada piston melalui lubang  busi jika kebetulan kita membawanya,
 
4 tunggu sampai mesin dingin lalu jalankan kembali  motor anda perlahan sampai rumah
 
5 segera lakukan langkah2 perbaikan  diatas.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
 
 
 
 
 
 
 
No comments:
Post a Comment