cara kerja liquid cool

Written By nyit on Saturday, July 19, 2008 | 7:15 AM

Ada seorang Bro.. yang menanyakan kepada gue,.. kenapa juga bebek dengan cc yang sama ... misalnya 125cc... kok powernya beda-beda...!!! Misalnya Honda Supra X-125.. power yang bisa dihasilkan 9,3HP pada 7500RPM, Shogun 125 bisa menghasilkan 10.8PS pada 8000RPM, Honda CS1 bisa menyemburkan tenaga 12,8HP pada 10000RPM. Yaagh jawabnya sih gampang... karena compression rationya beda.. dan teknologinya beda...!!! Gue terangin lagi... lebih lanjutnya mengenai compression ratio .. bisa dibaca diartikel mengenai itu...!!! Dan jika compression ratio tinggi... maka diperlukan sistem pendingin yang prima... bisa oil cooler ataupun liquid cooled... !!! Nah gue mau bahaz mengenai liquid cooled atau bahasa gampangnya sistem pendingin pake radiator... !!! :D
Engine yang menggunakan sistem pendingin liquid cooled, mempunyai komponen radiator, thermostat, fan alias kipas (optional), pompa (water pump), dan connecting hose dan pipes...!!! Naagh biasanya untuk ngisi radiator itu.. menggunakan coolant... !!! Ada yang perlu campuran 50% coolant dan 50% air, ada juga coolant yang nggak perlu lagi campuran air...!!! Nah biasanya coolant itu mengandung anti-freeze.. dan juga anti karat...!!! Oh ya... coolant untuk motor dengan untuk mobil agak beda...!!! Untuk mobil mungkin mengandung silicates, sedangkan untuk motor sebaiknya tidak mengandung silicates... karena bisa mempengaruhi keawetan komponen terutama water pump...!!!
Teruz thermostat.. adalah suatu komponen dimana pada suhu tertentu komponen ini akan membuka sehingga air bisa mengalir... dan menutup jika belum mencapai suhu tertentu...!!! Thermostat mengatur flow air dari radiator ke engine..!!! Nggak disarankan untuk melepas thermostat, karena engine nggak akan mencapai temperature ideal... !!! Cara kerjanya adalah yaagh simple... sewaktu engine mulai start.. thermostat masih menutup... dan jika sudah mencapai suhu ideal (tergantung thermostat nya... ada yang 70 derajat, ada yang 80 derajat etc), mulai membuka... dan air dari radiator melalui lower hose akan ke pompa dan mengalir ke engine (cylinder jacket)...!!! Kemudian teruz melalui upper hose sampai ke radiator... !!! Dan proses pendinginan berlangsung terus dan dimulai lagi dari radiator...!!! Extra Fan biasanya akan bekerja jika ada sensor... pada suhu tertentu, extra fan tersebut akan bekerja... !!! Gunanya apa...??? Yaagh jika macet ... nggak perlu khawatir karena ada supply udara dari extra fan yang mendinginkan radiator...!!!
Naagh... karena menggunakan liquid cooled, maka suatu engine bisa meningkatkan compression rationya...!!! Dan thuzz, compression ratio bisa meningkatkan power.. oleh sebab itu nggak heran... walau cc nya sama sebagaimana contoh diatas 125cc, power yang dihasilkan beda-beda...!!! So.. jangan berpatokan hanya kepada cc... ocree...??? :D

No comments:

Post a Comment

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...